Pengertian, Fungsi, Dan Cara Membuat Fanspage Di Facebook


Semangaaad Pagi....
Ada banyak sekali request / pertanyaan yang masuk ke inbox atau WA tentang cara beriklan dengan membuat fanspage di facebook, nah biar gak mengulang pertanyaan yang sama sy buat notes ini, terutama yang baru pertama kali beriklan di facebook jangan takut dibilang nubie atau gaptek kalo mau usaha insya allah bisa... cekibrooot....xixixi
Langsung cap cup z yah kakaaaa....
Nah temen2 yg sering promosi di facebook pasti ingin bisnis / produknya dilihat lebih banyak orang , ingin omsetnya meleduk gak karuan ingin Brandnya nampang mulu di time line / beranda facebook. Biasanya sih ngandalin facebook personal namun sayangnya reach/jangkauannya terbatas sekalipun anda memiliki 5.000 teman.

Oia sedikit tentang info cara kerja facebook terhadap postingan akun personal, jadi begini di akun personal algoritma fb hanya membolehkan cuma 17% teman yg bisa liat postingan kita loh, jadi misalkan punya 5.000 teman cuma 850an orang yg bisa liat, gampangnya gini deh coba liat tombol percakapan (obrolan) biasanya ada angka yg menunjukan jumlah teman yg online nah ya sejumlah itu z yg liat postingan kita...xixixi
Trus gimana donk biar postingan iklan kita dilihat lebih banyak orang??
Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah..... (jreng..jreng... :v )

Ya harus bikin FANSPAGE !
Yupz saat anda mulai masuk di facebook, sebenernya facebook “memaksa” anda untuk ngiklan :v

Oke hal yang Pertama akan sy jelaskan adalah..

1. Pengertian Fanspage..
Fanspage atau Halaman Fans (dalam bahasa Indonesia) maksudnya Halaman facebbok yang dibuat untuk mengumpulkan fans / audiens dan dengan fanspage jangkauan / reach postingan anda akan dilihat lebih banyak orang , mulai dari ribuan, puluhan ribu,ratusan ribu bahkan jutaan orang tertarget!
Rekor reach yang pernah saya buat masih bertahan di angka 8jutaan audiens dan hanya ngeluarin budget sekitar 100ribuan , itung sendiri misalkan dari 8juta orang yaah apes2nya cuma 1% ajah yg beli produk anda dan profit bersih yg anda ambil misalnya aja nih 20ribu perak nah sendiri deh profitnya.. nah asyik kan?? xixixi





Yupz di fanspage anda bisa menentukan sendiri postingannya mau diliat sama siapa?? bisa di setting mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi/tempat tinggal, bahkan bisa di setting hanya mncul di jam2 tertentu misalkan cuma muncul pas tengah malem (nah tuuuh :P ). Bisa dimulai dengan budget Rp.10.000 (kalo menggunakan pembayaran rupiah) sampai tak terbatas , dan bisa anda atur sendiri mau sampe kapan iklan tsb jalan...
Jadi gak perlu pusing2 mikirin kopikriting, konperselling, sopselling, hardselling atau apapun istilahnya ituh, di fanspage si Mark Zukerberg cuma mo bilang “lu berani berpa duit untuk dapetin data gue??” :v :v

Bukan mau mengecilkan hati teman2 yang baru mau memulai iklan di facebook tp saat ini begitulah alogaritma facebook, berani budget gede dapet hasil gede, nah baru kalo ini udh siap tinggal kita main di interest dan hal teknis lainnya.

Namun gak usah kuatir dengan dana yg gak gede2 amat masih bisa koq dapetin hasil yang lumayan, pernah saya bahas di Notes ini ---> http://bit.ly/2cDDdJp

2. Fungsi fanspage..

a. Jelas yang pertama buat menjangkau lebih banyak audiens, semakin banyak orang yang liat iklan kite maka akan semakin banyak jumlah closingnya.. bener gak?? :D
b. Media Branding, ada sih beberapa fanspage yang memang gak niat langsung jualan di fanspagenya langsung. Maksudnya gak langsung bilang di postingannya “silahkan chat admin kami kakaaa..”

“harganya dan cara order tinggal klik gambarnya yah kakaaa..” xixixi ,umumnya Brand2 besar yang udah berumur yang memanfaatkan facebook utnuk membangun massanya , misalkan Brand AQUA mrk membuat fanspage untuk “pencitraan” produknya agar lebih banyak orang menggunakan produknya.
c. Media Selling yang amvuuuh.. (maap bahasanya ngAlay dikit..xixixi) , dengan fanspage kita bisa menjual produk dalam partai banyak maksudnya bukan atu2 lagi2 tergantung dari budget iklan yg kita punya semakin banyak duit semakin gede closingnya, maka jangan heran ada onlineshop yg omsetnya ratusan juta bahkan milyaran rupiah mereka nganggarin duit iklan puluhan hingga ratusan juta rupiah, kemarin2 saya pernah cerita ada salah satu klien sy yg jualan kaos bisa dapet sales sebulan 1.5 M dengan budget iklan “cuma 15juta”...ckckck murah bener yak :D





3. Cara membuat fanspage
a. Log in dulu ke facebook, pastikan anda sudah memiliki akun facebook personal. Klik beranda / time line lalu cari “Buat Halaman”, maka akan muncul dasboard seperti ini. Silahkan pilih saja sesuai dengan produk / bisnis anda.





b. Misalkan sy pilih yang Tempat / Bisnis Lokal, kenapa sy rekomendasikan Bisnis Lokal ketika membuat fanspage? disini ada “fitur ulasan audiens” , semakin banyak yang memberikan *5 maka peringkat anda produk/bisnis anda bagus. Kalo udh tinggal di klik tinggal isi Nama Bisnis, Alamat, Kota, Kode Pos & Telepon.





c. Setelah anda selesai isi data diri maka klik “Memulai” maka akan muncul dasboard seperti ini, tinggal isi saja ikuti step by step.





d. Jika sudah selesai mengikuti step by step maka akan muncul seperti ini, nah selamat anda sudah memiliki Fanspage.





Nah kira2 beginilah informasi secara singkat tentang Fanspage, setelah membuat fanspage anda bisa mulai membuat posting / update status sesuai dengan niche produk / bisnis anda, oia untuk cara membangun audiens di facebook silahkan bisa baca2 lagi di notes saya ---> http://bit.ly/2cDDdJp
Jasa Facebook ads silahkan kontak admin 0895 321 186 186 ( Tryssa)
Silahkan SHARE / BAGIKAN jika NOTES ini bermanfaat..
Semangaaad ngomsyeeeet kakaaaa !! ( ^_^)

Source BY:
Ayu Paramita
www.marketingzombi.com
Penulis Buku Gara-Gara Fabook Ads
Admin Blog
Admin Blog

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment