
Allhamdulilah .
Kata pertama ketika Saya mendapatkan Invitation langsung dari tim Facebook yang berada di Singapore untuk mengikuti acara Facebook Marketing Bootcamp Developer.
Developer?
Ya, meskipun saya seorang praktisi Facebook Marketing, namun Saya sedang mempelajari lebih jauh tentang hal-hal yang berkaitan tentang developing apps dari Facebook.
Dan karena saya masih pemula dibidang Coding, Saya turut serta mengajak team saya yaitu Lead Developer di Advertisa untuk membantu saya memahami berbagai hal pada acara tersebut.
WHEYAA?
long story short , Saya sampai pada hari minggu di Bandara Changi Singapore, langsung memesan UBER.
Dan terjadilah percakapan dengan bahasa isyarat yang sangat memilukan. Alasannya karena supir Ubernya tak bisa bahasa inggris, dan sayapun harus diakui tak memiliki verbal bahasa inggris yang baik
:p .

WHEEYA ? kalimat apa itu? dan setelah mencoba memahami telpon dari sang supir uber bertanya “where are you ?” , dan selama perjalanan dipenuhi dengan kalimat-kalimat yang lucu tapi kita mencoba saling memahami satu sama lain hingga sampai dihotel dan langsung istirahat.

WHEEYA ?
Day 1 Senin, tanggal 10 April
Karena jarak antara hotel dan lokasi tujuan tidak terlalu jauh maka tepatnya jam 8 pagi kita bersiap dan langsung menuju kantor Facebook Singapore karena acara mulai jam 9 pagi.
Sampai disana langsung menuju lantai 22, dan melakukan registrasi ulang dan ternyata sudah banyak sekali para developer yang hadir dilokasi tersebut dari berbagai negara seperti. Malaysia, Japan, India, Thailand, Vietnam Indonesia, Singapore, & Philiphine.

Facebook Wall yang ga bisa Di Scrolling
Dan agenda hari pertama disuguhkan langsung tentang berbagai hal dibawah ini.

Singkatnya berbagai pengenalan, tentang melakukan berbagai persiapan dalam pembuatan aplikasi, mempelajari A.P.I dasar dari Facebook. memahami Signal, menjalankan targeting yang tepat hingga bagian yang paling seru menurut saya adalah Offline Conversion.
Banyak sekali ide-ide yang bermunculan yang bisa saya manfaatkan untuk client-client Advertisa Digital Agency ketika memahami tentang bagaimana Offline Conversion bisa meningkatkan penjualan berkali-kali lipat dari sebelumnya.
apalagi untuk http://promoramadhan.com/ kali ini.

Layar Besar berisi Data Di Facebook
Setelah itu kita di ajak untuk keliling kantor Facebook di Singapore, ada beberapa momen yang saya abadikan di Album photo yang telah saya upload di Facebook ini. Namun saya lebih banyak menikmatinya dengan mata secara langsung tanpa terganggu memegang kamera handphone dll

KITAB baru
:D

Day 2- Selasa, 11 April 2017
Pertama kita diajak langsung sarapan di Facebook Office, jadi bisa lebih hemat deh hehe.
Datang jam 8.20, dan dapat info ketika di Fb Office seluruh karyawannya bebas makan, karena selain di tiap lantai ada microkitchen yang selalu di isi snack dan minuman. disediakan juga 1 lantai khusus untuk kantin di lantai 33.
Terdapat banyak makanan lokal, Chinesse Food, India Food dll, By the way di Singapore karena banyak yang Vegetarian dan banyak warga negara dari berbagai adat istiadat jadi disini makanan halal kok
:D , ada yang non-halal terpisah juga ^^~ jadi aman deh .


salah satu sudut microkitchen
Dan tepat jam 9, kita mulai lagi hari kedua,

Nah ini lebih seruuuuuu lagi, memang banyak tutorial tentang Dynamic Ads, tapi ini dijelaskan lebih detail dan banyak tips&tricknya sampai dibagi 2 part seperti itu.
Workshop ini sangat aplikatif tidak hanya teori tapi juga praktek, dan terstruktur dengan rapih dengan waktu perkiraan yang kurang lebih tepat.
Bukan hanya para developer tapi pada workshop ini juga ada Advertiser, bahkan rata-rata seperti itu, 1 Advertiser & 1-nya lagi adalah Developer.
Hingga akhirnya waktu memisahkan banyak sekali inspirasi dan hal-hal baru yang belum saya ketahui atau yang memang sedang dalam proses development oleh tim Facebook.
Kesimpulannya.
Yang Saya pelajari selama 2 hari belajar langsung ke Shue Ching & Alan Wong - Solutions Engineer at Facebook adalah :
Belajar tentang bagaimana membuat App dengan benar-benar mematuhi berbagai peraturan di Facebook, mengetahui berbagai API yang telah ada hingga dalam proses development untuk webs ataupun untuk Apps. Memahami alur yang tepat dalam manajemen PIXEL ataupun Event Tracking, selanjutnya tahu bagaimana melakukan Advanced Matching Audience hingga ke Offline Conversion, memanfaatkan Leads Ads, menjalankan Marketing Automation di Facebook hingga terakhir tahu berbagai studycase yang terbaru di Facebook Marketing .
Dan masih banyak lagi yang panjang sekali jika Saya tulis semua di notes ini
>.< dan intinya sangat berguna untuk Anda yang menjalankan campaign di Facebook.


photo para peserta
:)

Next Strategy?
-
Terserah Anda, jika Anda telah tahu Facebook semakin canggih dan menyediakan berbagai macam solusi untuk Advertiser atau pelaku bisnis maka pilihan tersebut kembali lagi kepada Anda.
Mau tetap menjadi “Data” atau seseorang yang mampu merubah data tersebut menjadi pelanggan Anda .
:D


Saya, Ridho & 2 pembicara
:)

Oh ya, Facebook sangat cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi dan selalu berusaha menjadi solusi bagi setiap orang,banyak sekali program atau rencana Facebook yang akan atau sedang akan di implementasi untuk membantu Advertiser, dan tidak hanya slogan
Move Fast and Break Things
bahkan password Wifinya adalah = m0vefast .
Tulisan Oleh: Iqbal Maulana·Thursday, April 13, 2017
No comments:
Post a Comment